Pendidikan

Wujudkan SMA Berkelas Dunia, SMA Pradita Dirgantara Inisiasi Kerjasama dengan Kedutaan Perancis

Jumat, 09 Oktober 2020 - 19:00
62.77k
Wujudkan SMA Berkelas Dunia, SMA Pradita Dirgantara Inisiasi Kerjasama dengan Kedutaan Perancis Teleconference SMA Pradita Dirgantara dengan Kedutaan Perancis di Indonesia Jumat (9/10/ 2020) (FOTO: SMA Pradita Dirgantara for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BOYOLALIMenyadari pentingnya internasionalisasi dan kualitas pendidikan menengah atas yang dapat bersaing di tingkat internasional, serta mewujudkan komitmen untuk menjadi sebuah SMA berkelas dunia, SMA Pradita Dirgantara menginisiasi kerjasama dengan Kedutaan Perancis.

Inisiasi tersebut diawali dengan teleconference pada Jumat (9/10/ 2020).  Hadir dalam teleconference, tersebut Dr. Philippe Grangé Atase kerjasama Bahasa Prancis, Kol. (AD) Sven Meic Atase Pertahanan Kedutaan Besar Republik Perancis untuk Indonesia, David Cordier Wakil atase Pertahanan Kedutaan Besar Republik Perancis dan Sarah Camara, Direktur Pusat IFI Yogjakarta.

SMA-Pradita-Dirgantara-2.jpg

Sementara dari Sekolah Pradita Dirgantara hadir Direktur Sekolah Pradita Dirgantara Dwi Agus Yuliantoro, Ph.D, Dr. Sutanto, S.Si., DEA, Manajer Pengawasan dan Penjaminan Mutu dan Dr. Yulianto Hadi selaku Kepala Sekolah SMA Pradita Dirgantara.

Hadir juga pada acara ini ibu Nanny Hadi Tjahyanto, ketua umum Yasarini dan Ibu Inong Fadjar Prasetyo sebagai Ketua Umum Yayasan Ardhya Garini.

SMA-Pradita-Dirgantara-3.jpg

“Acara ini menjadi inisiasi awal bagi Sekolah Pradita Dirgantara untuk melakukan kerjasama di bidang pendidikan dengan Perancis. Dengan adanya kerjasama ini diharapkan dapat menambah wawasan kebudayaan Perancis bagi siswa, dan juga menjadi awal kerjasama dengan sekolah dan universitas-universitas di Perancis agar siswa SMA Pradita Dirgantara bisa studi lanjut di sana,” kaata ibu Nanny Hadi Tjahyanto.

Adapun rencana kerjasama yang akan dibangun adalah program Sister School dengan sekolah di Perancis, sehingga masing-masing sekolah dapat melakukan pertukaran siswa dan guru yang dilakukan secara rutin.

Program France track juga akan diterapkan bagi siswa-siswa yang merencanakan melanjutkan studi di Universitas di Perancis. Dalam program tersebut sekolah akan didukung oleh IFI (Institut Perancis untuk Indonesia) untuk menyediakan pengajar bahasa Perancis yang berkualitas, sehingga siswa dapat mempelajari Bahasa dan budaya Perancis dengan baik sebelum melanjutkan studi di Perancis.

SMA-Pradita-Dirgantara-4.jpg

Dalam program France Track siswa juga akan dilatih untuk mempelajari sains dengan pengantar Bahasa Perancis, sehingga ke depan siswa dapat melakukan adaptasi yang relatif lebih cepat ketika sudah melanjutkan studinya di Perancis.

“Sekolah Pradita Dirgantara sangat welcome bagi IFI untuk membuka france corner di SMA Pradita Dirgantara, dan membantu siswa untuk dekat dengan budaya Perancis dan mempelajari bahasa Perancis dengan baik, sehingga mereka dapat mendaftar dan kuliah di universitas-universitas di Perancis. Semoga akhir tahun ini Sekolah Pradita Dirgantara dapat memulai program ini, jika kondisi pandemi sudah kondusif,” Papar Dwi Agus Yuliantoro, Ph.D, Direktur Sekolah Pradita Dirgantara.

Ke depan SMA Pradita Dirgantara siap menjadi SMA berkelas dunia dengan fasilitas dan kerjasama pendidikan dalam dan luar negeri yang memadai. (*)

Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Fak Fak just now

Welcome to TIMES Fak Fak

TIMES Fak Fak is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.