Berita

Bikers Subuhan, Menggali Citra Positif Komunitas Pemotor

Rabu, 23 Juni 2021 - 08:59
Bikers Subuhan, Menggali Citra Positif Komunitas Pemotor Komunitas Bikers Subuhan menyambangi masjid di Malang Raya setiap Ahad (Foto: Bikers Subuhan Malang Raya for TIMES Indonesia)

TIMES FAK FAK, MALANG – Komunitas sepeda motor secara umum masih dianggap hanya untuk bersenang-senang, kumpul-kumpul menghabiskan waktu dan jauh dari kesan positif. Namun tidak demikian dengan Bikers Subuhan Malang Raya.

Komunitas ini memiliki kegiatan menggerakkan shalat subuh berjamaah dan kegiatan positif lainnya di kalangan pemotor.

Bikers Subuhan Malang Raya sendiri berafiliasi dengan Bikers Subuhan, komunitas yang awalnya berdiri di Lampung dari para pemotor yang tergabung di MACI (Motor Antik Club Indonesia). Untuk saat ini hampir setiap kota di Indonesia sudah ada Bikers Subuhan.

Komunitas Biker Subuhan 02

Kegiatan Komunitas Bikers Subuhan membaca Al-Quran bersama usai shalat subuh berjamaah (Foto: Bikers Subuhan Malang Raya for TIMES Indonesia)

Kenapa disebut Bikers Subuhan? Karena kegiatan utamanya mengajak para pemotor shalat subuh berjamaah. Untuk di Malang sendiri kegiatannya tiap hari Ahad dan bergantian lokasi masjidnya di seluruh Malang Raya. 

Hal unik lainnya dalam Bikers Subuhan adalah tidak adanya struktur kepengurusan dan kesemuanya disebut ketua. Hal ini karena semua anggota disini adalah laki-laki yang nantinya akan jadi ketua/pemimpin.

Setiap Ahad, kegiatan dimulai dengan berkumpul jam 03.00 dini hari, dilanjutkan riding ke masjid tujuan. Setelah shalat subuh berjamaah, dilanjutkan menyimak kajian di masjid tersebut atau membaca Al-Quran bersama. 

Komunitas Biker Subuhan 03

Komunitas Bikers Subuhan berusaha menepis citra negatif anak motor (Foto: Bikers Subuhan Malang Raya for TIMES Indonesia)

Selain shalat subuh berjamaah, Bikers Subuhan Malang Raya juga menggalang kegiatan pembersihan masjid dan mushala, serta penyemprotan disinfektan yang bekerjasama dengan Pest Republik.

"Kami ingin bermanfaat, berusaha selalu berkegiatan positif dan beribadah dengan istiqomah. Harapannya semoga hal ini dapat mengikis pemikiran negatif pemotor dan komunitasnya," ucap Muhammad, salah satu ketua di Bikers Subuhan Malang Raya. (*)

Pewarta : Ratu Bunga Ambar Pratiwi (MG-345)
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Fak Fak just now

Welcome to TIMES Fak Fak

TIMES Fak Fak is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.